fbpx

Keuntungan Memiliki Properti sebagai Aset Investasi

Investasi Properti
Keuntungan Investasi Properti - Photo by Mathieu Stern on Unsplash
Keuntungan Investasi Properti - Photo by Mathieu Stern on Unsplash
Investasi properti adalah bentuk permodalan yang mirip seperti investasi lain dengan melibatkan pembelian dan penjualan aset serta menangani aset untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Perbedaan antara investasi bidang properti dan jenis investasi lain terletak pada jenis aset yang dikelola. Apabila aset investasi pasar uang berupa mata uang, aset investasi saham yaitu surat berharga usaha yang dapat diperdagangkan, maka investasi pada bidang properti asetnya merupakan obligasi perumahan. Nah, yang dimaksud aset properti di sini adalah sebidang tanah dan semua hal-hal di atas tanah tersebut mulai dari bangunan, rumah, pohon, jalanan dan berbagai sumber daya yang lain. Jika Anda menyewakan ataupun menjual kembali aset properti tersebut, itulah yang disebut sebagai investasi properti. Bila kalian mau berinvestasi jangka panjang, maka properti dapat jadi solusi untuk Kamu. Ikuti 4 keuntungan investasi properti dibawah ini:

1. Harga properti Terus Naik Masing- masing Tahunnya

Sebab bila kita perhatikan angka perkembangan penduduk terus meningkat, sehingga permintaan tempat tinggal pun kian bertambah. Bila ketersediaan terbatas, namun permintaan bertambah. Otomatis harga rumah ataupun tanah jadi lebih mahal, sebaliknya properti tercantum kebutuhan pokok yang wajib dipadati. Misalnya, hari ini kalian membeli rumah dengan harga Rp700juta. Buat 5 tahun kedepan biayanya bisa jadi Rp1 miliyar, terlebih jika properti kalian mempunyai keunggulan pada posisi yang strategis serta sebagainya, pasti akan lebih mahal.

2. Memiliki capital gain yang cukup besar

Ketika ingin melakukan investasi maka kita cenderung akan memikirkan banyak hal bukan? Mulai dari modal yang digunakan, kemudian kita juga akan memikirkan berulang kali apakah jika kita mengikuti investasi tersebut akan merasa rugi atau tidak. Namun ketika kamu melakukan investasi properti, maka bisa sangat menguntungkan karena ia memiliki capital gain yang besar. Misalnya saja hari ini kamu membeli rumah dengan harga 750 juta, 5 tahun kemudian kamu menjual rumah itu dan bisa mendapatkan harga 1 milyar. Hal itu bisa terjadi karena mungkin saja lokasi rumah yang strategis atau faktor lain. Artinya kamu mendapatkan capital gain sekitar 250 juta dan itu bukanlah jumlah yang sedikit.

3. Dapat Jadi Investasi Jangka Panjang

Ada dua jenis investasi yang bisa kamu lakukan, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang ini biasanya dipilih untuk dijadikan aset di masa depan. Jika kamu sedang mencari investasi jangka panjang, maka kamu bisa menggunakan investasi properti saja. Investasi yang satu ini dinilai sebagai salah satu investasi jangka panjang, karena perkembangan tiap tahunnya selalu meningkat dengan baik. Dengan menggeluti investasi properti, maka sama saja memberikan penghasilan pasif bagi para investor.

4. Peninggalan Properti bisa Dijadikan Agunan

Agunan merupakan peninggalan ataupun benda yang dititipkan oleh pihak peminjam duit ke pemberi duit selaku jaminan. Di Indonesia, terdapat banyak peninggalan semacam rumah, apartemen, tanah, ruko serta yang lain. Peninggalan properti dapat dijadikan pinjaman duit apabila sewaktu-waktu anda membutuhkannya. Agunan berbentuk peninggalan properti yang dapat dimanfaatkan untuk membeli unit properti lain, dengan demikian siklus keuntungan akan terus berjalan.
Open chat
Selamat Datang,
Ada yang bisa dibantu?