fbpx
Perhatian Terhadap Pertumbuhan Jamur pada Perabot Kayu saat Musim Hujan: 7 Strategi Ampuh

Perabot kayu sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur, terutama ketika musim hujan tiba, karena tingginya kelembaban udara. Selain itu, kurangnya kebersihan secara rutin juga dapat menjadi pemicu pertumbuhan jamur pada perabot kayu.

Jamur dapat merusak dan membuat bahan kayu perabot menjadi lapuk. Bagaimana caranya mengatasi jamur pada perabot kayu? Berdasarkan saran dari Activ Furniture, berikut adalah tujuh tips efektif untuk menghilangkan jamur pada perabot kayu.

1. Mengeringkan Perabot di Bawah Sinar Matahari
Salah satu cara efektif untuk menghilangkan jamur adalah dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Karena tingginya kelembaban udara memicu pertumbuhan jamur pada perabot kayu, paparan sinar matahari dapat membunuh jamur tersebut. Namun, perlu diingat untuk tidak mengeringkan terlalu lama, agar tidak merusak warna perabot akibat sinar matahari langsung.

2. Menggunakan Cairan Pembersih
Cara lain untuk mengatasi jamur adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Oleskan cairan pembersih secara berkala pada bagian perabot yang terkena jamur hingga jamur benar-benar hilang.

3. Alkohol sebagai Alternatif
Alternatif lainnya adalah menggunakan alkohol dengan kandungan 70%. Gunakan kain lap kering untuk meneteskan alkohol dan oleskan pada permukaan perabot kayu yang terinfeksi jamur. Lakukan proses ini beberapa kali hingga jamur benar-benar menghilang. Alkohol juga memiliki efek mencegah pertumbuhan jamur, tetapi pastikan untuk menggunakan kacamata pelindung dan masker wajah saat membersihkan dengan alkohol.

4. Larutan Jeruk Nipis dan Garam
Selain menggunakan bahan kimia, jamur pada perabot kayu dapat diatasi dengan bahan alami seperti larutan jeruk nipis dan garam. Campurkan perasan jeruk nipis dan garam, lalu gosokkan menggunakan sikat gigi bekas ke bagian yang berjamur. Ulangi proses ini hingga jamur menghilang.

5. Penggunaan Kamper di Dalam Perabot
Mencegah pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap dapat dilakukan dengan meletakkan kamper di dalam perabot, seperti di dalam lemari pakaian. Aroma kamper dapat menghambat pertumbuhan jamur, dan pastikan untuk mengganti kamper secara berkala.

6. Penempatan Lampu Dekat Perabot
Jamur cenderung tumbuh di tempat yang kurang cahaya. Pasang lampu neon di ruangan, terutama dekat dengan perabot kayu, karena panas lampu dapat mencegah dan membunuh jamur. Lampu juga bisa dipasang di dalam lemari pakaian untuk mencegah kelembaban.

7. Melapisi dengan Pernis atau Melamin
Pernis dan melamin, selain memberikan tampilan cantik pada perabot kayu, juga efektif dalam mencegah pertumbuhan jamur. Dua bahan ini sering digunakan dalam proses finishing pembuatan perabot kayu.

pertumbuhan jamur, perabot kayu, strategi ampuh

Open chat
Selamat Datang,
Ada yang bisa dibantu?